Jumat, 14 Desember 2012

Jambore Nasional Panjat Tebing Awal Kebangkitan Pariwisata Minsel



Ketua Umum Panitia Jambore Nasional Panjat Tebing dan Vertical Rescue Decky Palinggi menyatakan kegiatan ini akan digelar pada tanggal 23 sampai 28 Januari 2013. Selain menyemarakkan HUT Kabupaten Minahasa Selatan ke-10, ini juga akan menjadi momentum awal kebangkitan pariwisata di Kabupaten Minsel. Daya tarik ‘tebing alam batu dinding’ akan menghipnotis para penggiat alam bebas, mahasiswa pecinta alam, kelompok pecinta alam, TNI/Polri dan bahkan masyarakat umum dengan para undangan penting lainya, diantaranya dari pimpinan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) pusat yang bermarkas di Jln. Kanselery Pintu I (Gate VI GBK) Stadion Utama Senayan Jakarta, dengan ketua umum DR.H.M Akil Mochtar SH,MM merespon kegiatan ini. Buktinya FPTI Pusat akan memberikan rekomendasi dan akan diteruskan ke FPTI Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Bukan itu saja, salah satu tim penakluk tujuh puncak tertinggi di dunia atau 7 Summit dan bintang tamu Medina Kamil adalah host terkenal Jejak Petualang program salah satu televisi swasta terkenal di Indonesia, bahkan ‘anak yang hilang’ yang tak lain putra kawanua yang sukses di pulau Jawa dan salah satu pemanjat tebing yang diperhitungkan di Indonesia yakni Ronald Mamarimbing dan sampai kini juga dipercatakan sebagai pembuat jalur nasional bahkan di asia tenggara. Kesemuanya menyatakan kesiapan hadir dalam kegiatan Jambore Nasional yang akan dipusatkan di Kabupaten Minsel, tepatnya di tebing batu dinding Kilo Tiga Amurang ini, ujar Palinggi yang adalah Suami tercinta Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu, SE.

Palinggi menjelaskan, soal persiapan, panitia merangkul Kelompok Pecinta Alam (KPA) Cliff Hanger Amurang sebagai penyelenggaran event berskala nasional. Selain itu panitia juga mengajak sejumlah instansi pemerintah, swasta dan pemerintah desa setempat, guna terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Panitia juga menyediakan fasilitas, diantaranya Konsumsi makan selama selama kegiatan, Cofee Break, T-Shirt, ID Card, Sertifikat Jambore Nasional dari panitia, sertifikat pelatihan vertical rescue dan sertifikat sport climbing dari Southeast Asia Climbing Federation (SEACF). Selain itu, untuk memudahkan peserta datang di Minsel panitia juga menyediakan transportasi jemputan bagi para undangan dan peserta yang akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut,” jelas Palinggi, sambil menyatakan, kegiatan ini mendapat dukungan langsung dari Bupati, untuk itu segala persiapan dilakukan sebaik mungkin agar nama Minsel khususnya objek wisata minat khusus tebing batu dinding dan olahraga panjat tebing makin dikenal luas.

Sementara itu, Ketua harian panitia Sanly Lendongan menambahkan, untuk terselenggaranya kegiatan ini kami mengundang Tim Vertical Rescue Indonesia yang berpusat di Bandung-Jawa Barat, dia adalah Tedi Ixdiana, yang belum lama ini juga memecahkan record 1000 jalur panjat tebing di Indonesia, bersama timnya. “Kami berupaya sebaik mungkin mempersiapkan lokasi kegiatan semenarik mungkin dengan membangun fasilitas-fasilitas diantaranya MCK dan tenda peserta, tamu dan undangan," ungkapnya.

Adapun kegiatan yang akan dilakukan sejak tanggal 23-28 Januari 2013 masing-masing pelatihan vertical rescue, talkshow tim 7 summit, Medina Kamil dan Ronal Mamarimbing, pembuatan jalur baru, climbinggames, pengibaran merah putih di tebing dalam rangka HUT Minsel ke 10 pada tanggal 27 Januari 2013 dan penghijauan. "Untuk informasi lebih lengkap silahkan menghubungi panitia melalui contac person 085298555811, 08991653048 dan untuk pendaftaran bisa juga melalui email jamnas_minsel2013@yahoo.com," pungkas Lendongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar